Selasa, 27 Oktober 2015

Perang Dunia 2


Perang dunia II
Perang dunia II berlangsung dari tahun 1939 sampai tahun 1945 dan melibatkan banyak negara. Pada hakikatnya perang dunia II merupakan kelanjutan dari perang dunia I . hal ini disebabkan oleh perjanjian-perjanjian yang dicapai setelah perang dunia I memancing pertentangan kedua belah pihak yang berhadapan dalam perang sehingga memicu pecahnya perang dunia II.
Latar belakang terjadinya perang dunia II
1.      Lahirnya fasisme
Yaitu paham yang menonjolkan kepentingan negara dan mengabaikan kepentingan perseorangan, serta memiliki rasa nasionalisme yang berlebihan sehingga cenderung merendahkan bangsa lain. Negara fasis diantaranya :
a.      Fasisme jepang
b.      Fasisme italia
c.       Fasisme jerman
Faktor –faktor penyebab terjadinya perang dunia II
a.      Kegagalan liga bangsa-bangsa (LBB)
b.      Perlombaan persenjataan
c.       Politik aliansi (politik mencari kawan)
d.      Timbulnya paham yang saling bertentangan

Sebab khusus perang dunia II
     Diawali dengan tindakan jerman yang melanggar perjanjian versailles.
Tahun 1938, jerman menekan cekoslovakia untuk menyerahkan daerah sudeten yang sebelumnya telah menandatangani perjanjian dalam konferensi munich tahun 1938 untuk meminta bantuan kepada sekutunya yaitu inggris dan prancis.
     Untuk mencegah terjadinya perang, tanggal 29 september 1938 di kota munich, jerman diadakan konferensi yang dihadiri perwakilan dari inggris, prancis, jerman, dan italia. Konferensi tersebut menghasilkan perjanjian munich yang isinya menyebutkan penyerahan daerah sudeten kepada jerman.
     Polandia kemudian mengadakan perjanjian dengan inggris, prancis, rumania, dan yunani sedangkan jerman dengan rusia. Tanggal 1 september 1939 tentara jerman menyerang polandia. Serangan jerman terhadap polandia tersebut menandai meletusnya perang dunia II. Setelah melalui proses perang yang begitu panjang pada tanggal 7 mei 1945 jerman menyerah tanpa syarat kepada rusia, dan berakhirlah perang dunia II.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar